Posted by : Lunetta Friday, June 30, 2023

Pada bulan Februari yang lalu, seorang pengguna Discord bernama Mavica memposting sebuah fork GameYob di server Discord DS(i) Mode Hacking. Ia mengatakan berhasil mengimplementasikan kamera DSi untuk mengemulasikan  perangkat keras GameBoy Camera berdasarkan dari DSi Camera buatan Evie alias Epickpkmn. Fork tersebut ia beri nama GameYob-Mavica yang mana bisa menjalankan "Pocket Camera Mapper" agar bisa berfungsi di perangkat keras DSi. Selain Itu, Mavica juga membuat sebuah web yang berguna untuk mengekstrak foto dari file save GameBoy Camera. Jadi, file akan tersimpan pada hard drive dalam bentuk digital.


Contoh foto menggunakan GameYob


Untuk memasangnya, kamu cukup unduh GameYob-Mavica, lalu simpan di SD Card dan jalankan di Nintendo DSi milikmu. Saat pertama kali membuka kalian cukup melakukan pengaturan yaitu dengan menekan layar sentuh DSi dan geser dengan menekan navigasi kanan untuk mencapai [Settings] lalu pada bagian GB Camera kalian hanya perlu mengaturnya apakah ingin menggunakan kamera luar, kamera depan, atau menonaktifkan fitur tersebut. Mavica mengatakan, build yang ia buat belum stabil dan mengatur kamera saat menjalankan ROM GameBoy Camera akan membuat emulatornya hang.


Tool berguna lain yang dibuat juga oleh Mavica yaitu gbcamtool, sebuah tool yang memungkinkan kamu untuk mengekstrak foto dari file save gb camera dan menyimpannya sebagai foto digital. 

Tampilan muka gbacamtool

Jika kamu ingin mencobanya, kunjungi gbcamtool lalu pilih file save gb camera mu. Selain bisa menjadikan foto ke dalam bentuk digital, di situs tersebut juga tersedia berbagai macam palette warna yang bisa kamu coba.


Berbagai macam palette tersedia dan siap pakai


Contoh hasilnya seperti yang ada di bawah ini ya...


gbcamtool result

gbcamtool result

gbcamtool result

gbcamtool result

gbcamtool result



Sekian postingan kali ini, terakhir saya akan mencantumkan showcase dari GameYob tersebut, sampai jumpa lagi!






Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Lunatic Lunetta - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -